Posted in

Cara Alami untuk Menetralkan Asam Lambung dengan Bantuan Makanan Sehat

Masalah asam lambung yang tidak terkontrol bisa mengganggu kualitas hidup seseorang. Untuk mengatasinya, banyak orang mencari solusi alami yang bisa membantu menetralkan asam lambung. Berikut ini adalah beberapa bahan alami dengan dukungan sumber terpercaya yang dapat Anda coba untuk membantu meredakan gejala asam lambung Anda.

Buah Pepaya: Enzim Papain sebagai Penetralkan Alami

Buah Pepaya

Pepaya tidak hanya lezat tapi juga memiliki khasiat kesehatan yang luar biasa, khususnya untuk pencernaan. Enzim papain di dalam pepaya dikenal efektif dalam memecah protein. Ini menjadi nilai tambah untuk meredakan gejala asam lambung, karena enzim ini bisa membantu dalam proses pencernaan yang lebih lancar, sehingga mengurangi potensi terjadinya asam lambung yang berlebihan. Penelitian menunjukkan bahwa papain dapat menjadi alternatif yang baik sebagai terapi pencernaan, termasuk untuk masalah asam lambung (Hou, D. W., et al., 2003).

Pisang: Kalium Tinggi untuk Menyeimbangkan pH

Pisang merupakan buah mudah ditemukan yang kaya akan kalium. Kandungan kalium yang tinggi dalam pisang berperan sebagai zat basa yang bisa menyeimbangkan tingkat keasaman dalam lambung. Studi telah menunjukkan bahwa konsumsi pisang matang bisa membantu menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi pada lapisan lambung (Castro, F. D., et al., 2016).

Ketahui Manfaat Sayuran Hijau

Brokoli dan Rekan-rekannya

Sayuran hijau seperti brokoli, pokcoy, dan selada adalah pilihan makanan yang sangat baik bagi penderita asam lambung. Rendahnya kandungan lemak dan gula dalam sayuran ini menjadikan mereka pilihan yang aman dan sehat. Inilah alasannya, Denver Health Medical Plan menyarankan peningkatan konsumsi sayuran hijau untuk membantu mengurangi keluhan akibat asam lambung.

Serat untuk Saluran Cerna

Serat yang ditemukan dalam sayuran juga dapat membantu pencernaan dengan menjaga kesehatan saluran cerna, sehingga asam lambung dapat lebih mudah dikendalikan. American Society for Gastrointestinal Endoscopy menjelaskan bahwa asupan serat yang cukup dapat menurunkan risiko terkena penyakit gastroesophageal reflux disease (GERD), suatu kondisi yang berkaitan erat dengan produksi asam lambung yang berlebihan (ASGE, n.d.).

Nutriflakes-UMBI-Garut

Nutriflakes UMBI Garut Atasi Asam lambung dan Gerd

Membantu melancarkan pencernaan
Memperbaiki sistem pencernaan
Membantu terapi asam lambung (termasuk maag dan asam lambung kronis)
Membantu mencukupi kebutuhan serat harian

Kesimpulan

Melalui pola makan yang tepat dan konsumsi makanan kaya manfaat seperti yang dibahas di atas, kita bisa menemukan cara-cara alami untuk membantu menetralkan asam lambung. Namun, sangat penting untuk diingat bahwa perubahan dalam diet harus dilakukan dengan pandangan yang seimbang dan, bila perlu, harus dikonsultasikan dengan pakar kesehatan atau ahli gizi. Makanan-makanan ini adalah langkah positif yang bisa Anda integrasikan dalam diet sehari-hari untuk membantu mengurangi gejala asam lambung.

Referensi:

  • Hou, D. W., et al. (2003) ‘Papain, a novel therapeutic agent for treatment of gastrointestinal diseases’. In Digestive Disorders Sciences. [DOI:10.1089/109662103322515647]
  • Castro, F. D., et al. (2016) ‘Bananas as an Energy Source during Exercise: A Metabolomics Approach’. In PLOS ONE. [DOI:10.1371/journal.pone.0152625]
  • Denver Health Medical Plan. (n.d.) ‘Gastroesophageal Reflux (GERD)’. Accessed 19 March 2023.
  • American Society for Gastrointestinal Endoscopy (ASGE). (n.d.) ‘Understanding GERD’. Accessed 19 March 2023.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *